8 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

Secara de facto Microsoft Office sudah menjadi aplikasi standar di setiap kantor/rumah, namun relatif mahalnya harga software tersebut menjadikan sebagian orang enggan membelinya secara legal. Tetapi apabila dicari, ternyata cukup banyak aplikasi dengan kapabilitas serupa Microsoft Office yang berharga gratis. Berikut ini adalah 7 Aplikasi Office gratis yang dapat dipakai untuk menggantikan Microsoft Office.

Kingsoft Office 2007

Pertama kali menggunakan Kingsoft Office 2007, saya langsung jatuh hati padanya. Mengapa? Tampilan & menunya sangat mirip dengan Microsoft Office 2003, terutama dengan Microsoft Word, Excel dan Powerpoint. Kebetulan ketiganya adalah aplikasi yang disediakan Kingsoft (Kingsoft Writer 2007, Kingsoft Spredsheets 2007 dan Kingsoft Presentation 2007).

Fungsi tabbed dokumen yang tersedia pada toolbar sangat memudahkan pemakai ketika berpindah dari satu dokumen ke yang lain. Saat instalasi kita diberi kesempatan untuk memilih menyimpan dokumen dalam format Microsoft Office sebagai default sehingga tidak perlu khawatir bila dokumen ingin langsung dikirim ke orang lain yang menggunakan Microsoft Office.

Dokumen yang sudah tersimpan dalam format Microsoft Office, contohnya .doc xls .ppt pun bisa dibukanya dengan mudah tanpa kekurangan apapun. Bahkan template Microsoft Powerpoint pun juga dapat digunakan.

Pertama kali mengunduh Kingsoft Office 2007 kita memang hanya diberi lisensi percobaan 30 hari, namun dengan mengirimkan email ke mereka atau berbicara dengan Live Support melalui web, kita akan diberikan nomor seri untuk penggunaan tak terbatas.

OxygenOffice Professional

OxygenOffice Professional (OOP) merupakan versi OpenOffice yang sudah diperkuat dengan berbagai kapabilitas tambahan. Paket aplikasi ini sudah memiliki word processor, aplikasi presentasi, spreadsheet, database, aplikasi gambar, web editor, equation editor dan sebagainya.

Selain memiliki semua fitur OpenOffice, OOP sudah memiliki kemampuan untuk mendukung Visual Basic for Application (VBA) fungsi macro di Calc, fitur ekspor HTML Calc yang lebih baik, peningkatan performa dan color palette. Di samping itu, tersedia pula 3200 clip art dan foto, 90 font yang berbeda serta beberapa template dan alat seperti OooWikipedia untuk meningkatkan produktivitas.

OOP tersedia untuk platform Windows dan Linux.

IBM Lotus Symphony

IBM Lotus Symphony dibangun berbasiskan versi awal OpenOffice sehingga memiliki seluruh fitur & fungsionalitas yang ada di OpenOffice. Symphony hanya memiliki 3 aplikasi office antara lain word processor, presentasi dan spreadsheet namun ia dapat membuka berbagai format dokumen seperti Open Document Format (ODF), format file Microsoft (.doc, .ppt, .xls, .dot), format Lotus SmartSuite dan lain-lain.

IBM Lotus Symphony dapat dijalankan di Windows XP, Vista dan Linux.

OpenOffice.org

OpenOffice.org (OOO), sebagai aplikasi office gratis dan open source yang paling terkenal dibangun berbasiskan versi komersiilnya Star Office yang memiliki fitur serta fungsionalitas menyamai Microsoft Office. Aplikasi office standar semacam word processor, spreadsheet, presentasi dan gambar sudah tercakup di dalamnya.

Salah satu fitur unik yang ditawarkan OOO adalah ekspor dokumen ke format PDF, terlebih lagi, OOO versi 3.0 juga memungkinkan pemakai untuk memanipulasi file PDF dalam OOO.

Komunitas OOO juga membanggakan kemampuannya yang cross platform, dapat beroperasi di berbagai platform termasuk Windows, Linux, Mac OS X dan Solaris.

Abi Word

Abi Word adalah sebuah aplikasi office gratis yang mendukung dokumen Microsoft Word, OpenOffice, WordPerfect, Rich Text Format, HTML dan sebagainya. Abi Word memiliki tampilan mirip versi klasik dari Microsoft Word dengan dukungan untuk platform Windows, Linux, FreeBSD, dan QNX.

KOffice

KOffice sejatinya berjalan di lingkungan Linux KDE dengan kelengkapan fungsi pada word processor, spredsheet, program presentasi, flowchart, manipulasi gambar, business report generation tool, formula editor, program graph dan charting.

Dalam waktu dekat (akhir 2008) rencananya KOffice juga akan tersedia untuk Windows dan Mac.

NeoOffice

NeoOffice merupakan versi Mac dari OpenOffice yang berjalan di sistem operasi Mac OS X. Sama halnya dengan OpenOffice, ia dilengkapi dengan word processor, spreadsheet, presentasi, vector drawing dan database. Selain itu, NeoOffice dilengkapi lusinan fitur Mac dan dapat pula melakukan impor, edit dan pertukaran file dengan berbagai aplikasi office populer semisal Microsoft Office.

Gnome Office

Aplikasi Office satu ini berjalan di lingkungan Linux Gnome. Berbeda dengan yang lainnya, ia mengkombinasikan komponen office semacam AbiWord, Evolution mail, Gnumeric spredsheet, aplikasi Gnumeric DB ke dalam satu paket aplikasi. Jika anda menggunakan Debian, Gnome Office melengkapi dirinya dengan aplikasi tambahan seperti Dia diagram, aplikasi manipulasi gambar GIMP, Inkscape untuk vektor dan alat-alat manajemen proyek.

.

2 thoughts on “8 Aplikasi Gratis Alternatif Microsoft Office

  1. langsung icon aja dong kl nyari nya itu!!!!!
    biar orang G PUZZING2 banget

    ada bagusnya,,banyakkan TIDAK BAGUSNYA !!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s