Sekilas Tentang Purworejo

kantor bupati
kantor bupati

Merupakan kota kelahiranku,๐Ÿ˜€. Sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Ibukotanya di Purworejo. Mempunyai 16 kecamatan. Jadi ga sekecil seperti kebanyakan orang bilang.ย  Emang sih, kotanya agak sepi dan banyak yang menyebut sebagai kota pensiunan, tetapi bisa menawarkan kenyamanan untuk bersantai dan istirahat. Berbatasan dengan Magelang dan Wonosobo di sebelah utara, Yogyakarta di sebelah timur, Samudera Hindia di selatan dan Kebumen di barat.

Purworejo termasuk kota tua lho, dah lebih dari 1000 th, berdirinya tgl 5 Oktober 901 (ada di Prasasti Kayu Ara Hiwang di desa Boro Wetan, Banyuurip). Dulunya lebih dikenal dengan sebutan Bagelen pada masa kejayaan Kerajaan Mataram.

Purworejo juga mempunyai beberapa hasil, baik di bidang pertanian, peternakan, industri, pariwisata, makanan, kesenian.

Di bidang peternakan ada salah satu ternak khas, yaitu Kambing Ettawa. Kambing yang gede-gede. Pokoknya, kalo orang Purworejo punya kambing ini, pasti punya kebanggaan tersendiri๐Ÿ˜€.

pasar ettawa
pasar ettawa

Di bidang industri ada 2 industri tekstil, tetapi yang saat ini lagi naik daun yaitu industri bola sepak, merknya Adiora (bukan diadora lho :mrgreen:).

Di bidang pariwisata ada Pantai Ketawang, Pantai Jatimalang, Goa Seplawan, Curug Muncar, dll.

curug muncar
curug muncar
pantai jatimalang
pantai jatimalang
arca emas goa seplawan
arca emas goa seplawan

Di bidang makanan ada Geblek, Clorot (yg selalu ditanyain temen-temenku), Rengginang, Lanting, Tiwul, Krimpying, dll.

clorot
clorot

Di bidang kesenian ada kesenian khas yaitu tari Dolalak. Tarian tradisional diiringi musik perkusi tradisional seperti : bedug, rebana, kendang. Merupakan tarian percampuran antara budaya barat dan jawa. Pada masa penjajahan Belanda, para serdadu Belanda sering menari-nari dengan menggunakan seragam militernya dan diiringi dengan nyanyian yang berisi sindiran sehingga merupakan pantun. Kata dolalak sebenarnya berasal dari notasi Do La La yang merupakan bagian dari notasi do re mi fa so la si do yang kemudian berkembang dalam logat Jawa menjadi Dolalak yang sampai sekarang ini tarian ini menjadi Dolalak.๐Ÿ™‚

ndolalak
ndolalak

Selain itu juga banyak Tokoh dari Purworejo, antara lain.

  • ย Ahmad Yani, pahlawan revolusi. (tetangga desa)
  • ย Sarwo Edhie Wibowo, mertua presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (tetangga kecamatan)
  • Ani Yudhoyono, Ibu Negara.
  • Oerip Soemohardjo, pendiri TNI.
  • Johan Hendrik Caspar Kern, ahli bahasa dan orientalis.
  • Syekh Imam Puro, Ulama Purworejo.
  • Wage Rudolf Soepratman, pencipta lagu kebangsaan “Indonesia Raya”.
  • Danurwindo, mantan pemain dan pelatih Timnas Indonesia, asli Kutoarjo.
  • Kasman Singodimedjo,tokoh pergerakan 1945.
Pak SBY & Ibu Negara
Pak SBY & Ibu Negara

Masih ada lagi, di Purworejo juga terdapat Bedug yang terbesar di dunia, waw!๐Ÿ˜€

bedug purworejo
bedug purworejo
data bedug purworejo
data bedug purworejo

Selain itu juga ada busana khas Bagelenan, yaitu busana jawa yang agak berbeda dengan khas Yogya atau Solo.

busana bagelenan
busana bagelenan

Gmn cerita tentang Purworejonya? Menarik bukan?๐Ÿ˜€

Yang pengen ke Purworejo sok aja, ntar bisa mampir ke rumahku di Perumahan Pagak Indah Banyuurip.๐Ÿ˜€ (tadinya saya tinggalnya di Bagelen, sebelum pindah ke Banyuurip). Dan sekali lagi, saya orang Purworejo tulen lho, bapak ma ibu dari Purworejo, beda kecamatan doank.

Purworejo BERIRAMA (Bersih, Indah, Rapi, Aman, Makmur + Religius, Patriotik dan Mandiri)

30 thoughts on “Sekilas Tentang Purworejo

  1. wah akhirnya kamu mengakui purworejo sebagai tanah asalmu…
    hihihi…

    gitu donk,, sebagai putra daerah yang baik,, kamu harus bangga sama tanah kelahiranmu….

    eh,, nek bali mbok gawa’ke aku clorot,, ketoke enak ik….
    seko opo to kuwi???

    ga janji ya, masalahnya clorot itu bukan makanan yang tahan lama, paling lama juga 2 hari, dan belinya harus di pasar. Dia terbuat dari tepung beras ma gula jawa, tyus dikukus. Dibungkus pake daun kelapa muda yang melingkar, tyus yang paling unik lagi tu cara makannya. Harus didorong dari bawah ke atas, ga boleh langsung dilepas bungkusnya.

  2. ooh ternyata ka arif dr purworejo..
    mau dong clorotnya! hhe

    ga janji ya, ga awet soalnya, he3…
    ntar deh kalo pas plg k purworejo, sedangkan dr purworejo k bandung tu 8 jam (kalo naek kereta)๐Ÿ˜€

  3. @mas suryo
    salah ketik tuu mas, harusnya GON!!
    gondrong.. haha x)

    atau alternatif lain: TENG!!
    i-TENG.. hahaha..

    jangan marah lho rif x)

    heh, dasar sayko
    edannn….

  4. kula tiyang katerban kecamatan kutorjo,jelasipun sebelahipun barat terminal kutoarjo.
    manggo sami-sami kita damel purworejo dados kota ingkang maju…
    Amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnn…

  5. @cah pendem ki… Aku jd thu lbih ttg t4 klhiranqu..pas googling pas ktmu artikel purworejo. Suwun y ms arif,,artikely kren,, ak sering k seplawan bla pas lg plg,,t4y sejuk bgt,, bleh thu g ms curug muncary dmn y..soaly phtoy g bs kbka…@tkq

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s