Purwokerto kota Satria

Setelah beberapa saat ga nulis, akhirnya bisa nulis lg, gara2 banyak tugas yg hmmm…hehehe. Nah, kali ini saya akan cerita tentang kota Purwokerto saja, yaitu kota yang pernah saya tempati selama 3th, kota yang cukup berpengaruh dalam kehidupan saya setelah kota kelahiran saya🙂 .Langsung aja ya, hehe.

Purwokerto adalah ibukota Kabupaten Banyumas. Purwokerto ini memiliki motto SATRIA yang merupakan kepanjangan dari Sejahtera, Adil, Tertib, Rapi, Indah, dan Aman. Kata SATRIA ini diangkat dari sifat dan ciri khas yang dimiliki oleh masyarakatnya,yaitu baik hati, jujur, dan gagah berani, kyknya si gt,hehe. Purwokerto ini memiliki berbagai macam tempat wisata yang menarik, antara lain Baturraden, Curug Cipendok, Pemandian Kalibacin, Kendalisada, dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, juga ada Unjedir Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman). Purwokerto juga memiliki banyak sekali peninggalan – peninggalan yang bersejarah. Untuk makanan khasnya, Purwokerto memiliki mendhoan. Inilah makanan favorit masayarakat semua kalangan, dari anak kecil ampe mbah2 kyknya ga akan pernah bosen makan makanan ini:mrgreen: . Selain itu jg ada gethuk goreng dan soto Sokaraja, yang unik2.

Purwokerto dan sekitarnya
Purwokerto dan sekitarnya

Purwokerto ini terletak di Jawa Tengah bagian barat,berbatasan dengan Kab. Tegal dan Pemalang di sebelah utara, Kab. Cilacap sebelah selatan, Kab. Brebes dan Cilacap sebelah barat, dan sebelah timur dengan Kab. Purbalingga dan Banjarnegara. Selain itu juga terletak di dekat Gunung Slamet.

Di Purwokerto terdapat stasiun yang boleh dianggap penting, karena selalu disinggahi kereta api jurusan Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Selain itu ada juga terminal bus yang tidak kalah pentingnya. Terminal ini berfungsi sebagai tempat pemberangkatan dari kota Purwokerto menuju kota – kota yang lain. Terminal ini juga berfungsi sebagai stasiun transit bus – bus yang akan berangkat dari terminal Purwokerto menuju ke Jakarta, Bandung, Tegal, Cilacap, Yogyakarta, Solo, dan Semarang. Selain bus – bus besar, banyak juga angkutan minibus dan jenis colt. Kendaraan ini digunakan untuk melayani perjalanan yang tidak terlalu jauh, seperti Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, Wangon, Majenang, Tegal, dan untuk angkutan dalam kota digunakan angkot (yaiyalah, masa msh dokar,hehehe).

Di Purwokerto juga terdapat Rumah Sakit yang lumayan besar (tipe B) yaitu Rumah Sakit Prof. Margono Sukarjo (ahli bedah pertama di Indonesia). Rumah sakit ini jg dijadikan tempat praktek mahasiswa kedokteran.

Dan yang paling menonjol yaitu ketika kita ngobrol dengan orang Purwokerto menggunakan bahasa jawa, pasti akan terasa sedikit aneh. Hehehe, itulah yang disebut dengan bahasa ngapak atau banyumasan. Bahasa jawa yang beda dengan bahasa jawa versi Jogja, Solo dan sekitarnya. Bahasa ngapak ini familiar jika disekitar Purwokerto, Banyumas, Cilacap, Purbalingga, Tegal, Pekalongan dan sekitarnya. Berikut ini sedikit contoh saja tentang bahasa ngapak.

Indonesia:

Kota Purwokerto itu ibukota kabupaten Banyumas, kota ini juga sering disebut Prakerta, gelarnya kota Satria. Kota ini juga dikenal kota kripik padahal orang Purwokerto sendiri jarang yang doyan kripik. Ditengah-tengah kota ini ada jalur kereta api jurusan Purwokerto-Wonosobo, rel keretanya di sepanjang jalan Jend. Soedirman sebelah utara. Jalur ini dibangun sekitar tahun 1896, yang membangun yaitu Staat Spoorwegen (SS) (bukan Serayudal Stoomrammaatschappij atau SDS) yaitu perusahaan kereta api jaman Belanda.

Ngapak:

Kota Purwokerto kuwe ibukota kabupaten Banyumas, Kota kiye uga umum disebut Prakerta, gelare kota Satria. Kota kiye uga dikenal kota kripik padahal wong Purwokerto dhewek arang sing doyan kripik. Ganu nang tengah-tengah kota kiye ana jalur sepur jurusan Purwokerto – Wonosobo, rel keretane nang sepanjang jalan Jend. Soedirman sisi lor. Jalur kiye dibangun sekitar taun 1896 sing mbangun kuwe Staat Spoorwegen (SS) (dudu Serayudal Stoomrammaatschappij utawa SDS) kuwe perusahaan sepur jaman Landa.

Kayaknya cukup segitu dulu dh tentang Purwokertonya, yang pengen mendhoan atau makanan lainnya, atau yang masih penasaran dengan Purwokerto, silahkan mampir saja ke kota ngapak ini, hehehe.

Oiya, di IT Telkom juga ada perkumpulan mahasiswa yang berasal dari karesidenan Banyumas alias anak2 yang bahasanya ngapak semua. Nama perkumpulannya yaitu Iwak Mas (Ikatan Mahasiswa Karesidenan Banyumas).

Thx 4 reading😀 .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s