Harus Sabar.

Kali ini saya akan bercerita tentang pengalaman perdana saya mengunjungi SD N Sukabirus dalam rangka berbagi ilmu mengenai komputer. Kegiatan ini dilakukan secara sukarela dengan teman-teman HMIF yang lain. Ada ka’ Bil, Alvin, Canra dan Irwin (si anak baru).

Kegiatan ini sudah dilakukan selama 3 kali tiap hari sabtu, tapi merupakan kali pertama bagi saya, karena tiap hari sabtu saya menjalani praktikum pemrograman jaringan di commonlabz. Kebetulan saja hari sabtu ini sedang minggu uts, jadi bisa ikutan.

Dalam pelaksanaannya, kami memberikan materi-materi seperti pelajaran kepada siswa-siswa SD mengenai komputer. Materi yang sudah diberikan yaitu mengenai sejarah komputer dan hardware, yang meliputi input device dan output device.

Setelah memberikan materi diadakan review dan game bagi siswa-siswa serta pemberian sedikit gift kepada mereka yang berani maju untuk bercerita atau membacakan tugas yang diberikan. Kegiatan terakhir yaitu latihan mengetik yang dilakukan di atas keyboard kertas yang sudah diprint menyerupai layout dari keyboard. Cukup menyenangkan memang bila melihatnya, tetapi ada beberapa kejadian unik juga yang terjadi disela-sela acara ini, ada anggota kelompok yang tidak kompak satu dengan yang lain, ada yang berantem sampai bingung memisahnya.

Pengalaman perdana ini cukup bisa dibilang “wow” bagi saya, karena pertama kali juga bertatap muka langsung dengan anak-anak SD, terutama kelas 5 & 6. Karena sangat membutuhkan kesabaran dalam menghadapi anak-anaknya. Dan satu hal yang saya sadari bahwa ternyata mendidik anak-anak bukanlah suatu hal yang mudah. Oleh karena itu, saya jadi sangat salut dengan guru-guru yang dengan sabar selalu mendidik siswanya. Benar-benar pahlawan tanpa tanda jasa🙂.

Leave a Reply

