Perang Netcut

Akhirakhir ini di kosan saya ada ributribut masalah netcut.

Apaan sih netcut?

NetCut

Netcut adalah software yang membantu kita mengatur jaringan dengan protokol ARP. membuat list IP-MAC Tabel dalam hitungan detik, mematikan & menghidupkan koneksi komputer /hub /router dalam satu jaringan LAN. Selain itu, dengan netcut pengguna dapat dilindungi dari serangan ARP spoofing. Jadi kita bisa seenaknya mematikan koneksi orang lain dengan mudah😀.

Teknologinya.

Pure protokol ARP kernel enhanced cut off function, sehingga tidak ada yang dapat melepaskan diri dari pemutusan koneksi kecuali komputer tersebut telah terinstal netcut dan dilindungi software lain (anti netcut misal) atau pake linux yg bisa gantiganti ip:mrgreen:.

Kelebihannya.

Mudah digunakan, satu klik untuk melindungi pengguna komputer ! tidak ada lagi seorangpun dalam jaringan dapat memutus koneksi dengan teknologi arp spoof lagi.

Efektif, satu klik untuk memutus koneksi komputer dalam satu jaringan ke gateway. Mendapatkan alamat IP dari semua komputer di LAN (Local Area Network) dalam hitungan detik, dapat digunakan di jaringan LAN kosan, LAN kampus, atau bahkan di warnet dengan sedikit modifikasi. Dapat mengerjai teman anda dengan membuat komputer lain online atau offline dari komputer lain.

Aman, tidak dapat di trace siapa pelakunya😀.

Keuntungan dan kerugian.

Kalau digunakan untuk tujuan baik, memang sangat menguntungkan penggunaan software ini, misal untuk mengatur bandwidth di warnet atau hotspot, karena memang diperlukan manajemen untuk mengatur user yang berhak dan tidak berhak memakai internet. Namun, biasanya juga banyak tangantangan jahil yang memanfaatkannya untuk kepentingan pribadi, misal untuk mencuri bandwidth dari tetangga, sehingga bandwidth yang seharusnya dibagi untuk beberapa user, tinggal dipakai sendiri oleh pengguna netcut ini. Kasihan yang lain kan. Memang sadis dan kejam😀.

Cara Kerja.

Netcut adalah software yang hanya berkerja berdasarkan ARP Spoofing , ARP itu Adalah Address Resolution Protocol Masih belum ngerti apa itu ARP.. oke begini contohnya:

Komputer A (komputer dengan ip 10.14.210.100) dan Komputer B (komp server mempunyai ip 10.14.210.1). Dalam keadaan ini Komp A Ingin melakukan Koneksi Ke Komp B.

Dalam Kondisi Seperti ini Otomatis Komputer A melakukan broadcast (Seperti halnya manusia berteriak-teriak) “Halooo gan Siapa yang Mempunyai IP 10.14.210.1″ lalu komputer B mendengar dan menjawab  MAC ADDRESS “disini gan IP 10.14.210.1 itu 00:0C:A2:D1:1B:3D” Dan Kemudian B melakukan broadcast atau teriakan balik “Halo Tadi IP 10.14.210.100 yg manggil saya mana yah?” Lalu A menjawab “woiii saya disini gan IP 10.14.210.100 itu 00:B0:AD:D5:1C-5D” Kejadian ini yg menjadikan proses transaksi data antar komputer.

Setelah sudah paham dengan cerita di atas kita lanjutkan ke cerita berikut ini yang berhubungan dengan ARP Spoofing :

Komputer A (komputer dengan ip 10.14.210.100) dan Komputer B (komp server dengan IP 10.14.210.1) dan orang melakukan ARP Spoofing “C” dengan IP 10.14.210.99. Dalam gambaran ini diceritakan bahwa Komputer A ingin melakukan koneksi ke Komputer B, Komputer A melakukan broadcast “Halooo gan Siapa yang Mempunyai IP 10.14.210.1“. Bukannya Komputer B yang jawab tapi yang jawab yaitu Komputer ARP SPOOFING “C” “Woii saya disini Gan IP 10.14.210.1 00:1E:05:AE:96:F0?” (Komputer C berpura² menjadi Komputer B).

Lalu Komputer “C” broadcast “Halooo gan Siapa yang Mempunyai IP 10.14.210.1 ?“ (Komputer C berpura² menjadi Komputer A) dan dijawab sama B “Wooii saya disini Gan IP 10.14.210.1 00:1E:05:AE:96:F0” dan Komputer B melakukan broadcast ”Halooo gan Siapa yang mempunyai ip 10.14.210.100??”

Lalu dijawab oleh Komputer C ”Wooii saya disini Gan IP 10.14.210.99 00:22:FA:AE:96:F0 ( yg disebutin adalah Mac Adress Kepunyaan C / berpura2 menjadi A)”

C teriak berpura² menjadi B

“Woi Siapa ip 10.14.210.100 yg tadi manggil gw ? “

“ip 10.14.210.100 00:1E:C107B0-Z0 ( Mac Adress Kepunyaan A )”

Sudah mengerti dengan penjelasan gambaran diatas?? dapat di simpulkan bahwa :

ARP Spoofing itu ingin mengasosiasikan Mac Address C Dengan IP address Komputer lain

Kiriman paket data yang dikirimkan ke A akan mengalami kesalahan pengiriman ke C

Dan “C” dapat dengan leluasa untuk melakukan Cutoff data tersebut ke komputer G atau memodifikasi isi dari data paket sebelum dikirimkan.

Cara Mengatasi.

1. Check ARP (Address Resolution Protocol)

  • buka cmd (command prompt) pada startmenu > run
  • ketik arp -a, untuk melihat ip router. dan akan terlihat 1 ip router, jika terlihat lebih dari satu ubah niat anda untuk surfing karena protokol tidak encrypt seperti FTP dan HTTP login.
  • untuk mengidentifikasi arp ip yang muncul ketikan perintah, tracert domain.com

2. Ubah alamat ip address

karena netcut melisting ip addres di dalam jaringan, maka kamu harus mengganti alamat ip. saran saya ubah kedekat dengan ip server atau gateway untuk mengelabui si attacker netcut.

3. Matikan layanan workstation.

  • Run, kemudian ketik services.msc
  • cari layanan workstation
  • jika sudah ketemu, klik kanan, properties, klik tombol stop

4. Ganti hostname atau nama komputer anda.

hostname yang tervisible sangat rentan sekali untuk diserang, oleh karena itu disarankan untuk mengganti dengan hostname yang dekat dengan kepentingan jaringan.

5. Menggunakan software bantu/penangkal.

cari software anti NetCut atau Anti Arp, tp tidak menjamin juga.

AntiNetCut
antinetcut

6. Serang balik si attacker.

karena si pengguna netcut ini sebagai gateway, banjiri komputer dia dengan ping secara terus menerus dengan mengetikan “ping google.com -t” pada cmd (command prompt) run. cara ini akan membuat komputer pengguna netcut hang.

7. Gerak-gerik pengguna netcut

Kalau tiba2 koneksi putus secara aneh atau serentak seluruh user tanpa ada warning atau kesalahan jaringan, coba perhatikan salah satu user yg terlihat santai dan masih tetap online dengan lancar, kemungkinan itu pengguna netcut:mrgreen:.

Download.

Yang masih penasaran, silahkan jika mau mencoba:

Netcut: Download Netcut

AntiNetcut: Download AntiNetcut

thx 4 reading:mrgreen:

13 thoughts on “Perang Netcut

  1. cara ngatasinya tinggal pake arp static pada setiap komputer… jadi pada gateway tentukan MAC setiap klien kemudian di buat static (arp -s ipaddress macaddress). sedangkan pada komputer klien juga dibuat arp statik(arp -s ipgateway macgateway)…

    sekarang arp tidak bisa dimanipulasi netcut…

  2. mas…. maksudnya matikan workstasion yg di run “sercices.msc” itu maksud nya ap… dan tujuannya apa??

    mohon penjelasannya.

  3. Haha.. di kosan ane pernah kejadian ne.. lalu, bsoknya pada sepakat gak ada yg pake netcut n pasang jam download.. eh, tetep aja ada yg bandel. jadinya d ping ke ip tuh laptop.. denger2 se laptop nya tiba2 panas n mati.. wkwk.. nice info,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s