Adobe Flex Builder 3

Kali ini saya akan mempersembahkan tutorial yg mungkin ibu hamil aja bisa melakukannya, yaitu instalasi Adobe Flex Builder 3. Adobe Flex merupakan framework dari Adobe yang digunakan untuk membuat RIA (Rich Internet Applications) yang berbasis flash player. Flex menggunakan bahasa baru, yakni MXML (Markup language based on eXtensible Markup Language). Flex berbeda dengan Flash, karena Flex tidak menggunakan timeline. Flex hanya terfokus pada satu sisi yakni RIA Component. Karena pada Adobe Flex kita hanya disuguhkan component berupa Form, Accordion, TabBar, MenuBar, dll.

Adobe Flex tetap memiliki kesamaan dengan Adobe Flash yakni source code dari Adobe Flex yang berupa file mxml di kompilasi menjadi file swf. Dengan Flex, kita tidak perlu lagi menuliskan script stop() pada timeline, karena hal tersebut sudah diatur oleh Flex SDK(Software Developer Kit).

Bagi yang sudah mengenal Java2Enterprise dengan JSTL atau Struts Frameworknya atau ASP dotNet, pasti mudah menguasai syntax bahasa Flex ini. Adobe Flex datang ke dunia RIA didukung dengan teknologi Action Script 3.0 yang sudah mengusung OOP(Object Oriented Programming).

Untuk membuat sebuah aplikasi flex, cukup menggunakan editor sederhana seperti Notepad atau editor-editor text lainnya. Namun, membangun aplikasi Flex menggunakan text editor biasa tidaklah cukup, karena untuk mengatur tampilan dari aplikasi kita secara langsung, kita membutuhkan sebuah IDE(Integrated Development Environment) yakni Flex Builder yang trial 😦. Sampai saat ini saya sendiri belum menemukan Flex IDE yang gratis dan memiliki kemampuan yang sama dengan Flex Builder. Namun saat ini sudah adalah Flex IDE yaitu Flash Develop. Namun seperti yang saya katakan diatas, kemampuan IDE open source ini masih kalah dibanding Flex Builder.

Selain itu, masih ada AIR (Adobe Integration Runtime). AIR berfungsi sebagai solusi untuk flash dan beberapa web content untuk bisa menjadi sebuah aplikasi berbentuk desktop.

Kenapa memakai Flex?

Flex adalah untuk aplikasi

Flex dibuat untuk mempercepat dan mempermudah pengembangan aplikasi internet yang serba bisa dengan berbasis flash player. Termasuk beberapa keefektifitasan dan keunggulannya, component component yang bisa dimodifikasi untuk mengkonfigurasi aplikasi secara cepat dan sederhana. Aplikasi yang dihasilkan bisa berjalan di browser ataupun didesktop (Air), jadi dengan sekali membuat aplikasi kita bisa menyajikan untuk orang yang terbisa menggunakan aplikasi web base dan untuk orang yang terbisa dengan menggunakan aplikasi desktop.

Untuk mempermudah interaktifitas

Flex mempermudah dalam pembuatan aplikasi yang membutuhkan interaktifitas yang tinggi. Ini karena Flex mendukung untuk pemrosesan data, Event arsitektur yang baik, mempunyai beberapa component yang bisa banyak memberikan feedback kepada user. Dan layaknya flash, Flex juga mempermudah dalam pembuatan transisi dan beberapa efek yang memukau.

Untuk kecepatan

Baik dalam saat pengembangan maupun nanti aplikasinya, si Flex ini bisa mempercepat waktu pengembangan dan nantinya aplikasi yang dibuat si Flex ini tidak akan terlalu besar dan menghabiskan banyak memori. Karena Flex menggunakan Action Script 3.0 bahasa pemrograman flash terbaru. Dengan AS3 ini aplikasi akan lebih responsive tidak memberatkan dan tidak terlalu banyak memakan resouce.

Flex Free

Meski Adobe Flex Builder 3 (visual editor for Flex) berbayar, tapi Flex framework gratis.Flex dapat dikembangkan hanya dengan menggunakan text editor bisa seperti Notepad dan mengkompilenya dengan commandline.

Flex open source

Layaknya teknologi-teknologi opensource yang lain, karena banyaknya pengembang dan beberapa komunitas yang mengembangkan maka Flex akan menjadi teknologi yang terus berkembang (meliputi framework dan compiler).

Untuk pemrosesan data

Karena Flex menggunakan flash player, maka tranmisi data tidak akan banyak hilang atau terhambat dijalan dan hasil informasi yang akan didapat oleh user akan lebih cepat. Flex juga secara terintegrasi telah bisa berkomunikasi dengan XML dan java object.Flex juga bisa langsung berkomunikasi dengan ColdFusion.AMFPHP merupakan jembatan antara php dan Flex yang bisa dijadikan alternatife untuk komunikasi data.

Sekarang kita akan langsung menginstal Adobe Flex Builder yang trial:mrgreen:.

Download installernya terlebih dahulu di sini.

Double klik untuk menginstall, lalu next seperti biasa sampai Done:mrgreen:.

One thought on “Adobe Flex Builder 3

  1. hahahaha….. salam kenal mas… situs kantor saya asdf (pengembang aplikasi) untuk mencoba-2 saya coba pakai keyword Pengembang Aplikasi di google sayang masih kalah pamor sama situsnya mas😀

    ha….3x diantara pengembang di kantor hanya sya yng gak bisa (gak pernah pakai ) jquery maupun adobe flex… thx lumayan berguna nih😀

    best regards

    arief wibowo
    maaf numpang link buat temen saya
    riska rinanda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s