Belajar Tabulasi Gitar dengan DGuitar

Selama ini aplikasi yang saya kenal untuk belajar tabulasi gitar adalah Guitar Pro yang dapat membuka format file .gp3, .gp4, .midi, kemudian dijalankan sehingga bisa dilihat dan didengarkan tabulasi gitar dari suatu lagu.

Guitar Pro ini hanya berjalan di OS Windows. Nah, untuk pengguna Linux ternyata sekarang ada juga alternatifnya, yaitu menggunakan DGuitar.  Aplikasi ini berbasis java dan dapat memainkan file Guitar Pro. Untuk dapat menjalankan aplikasi ini pastikan di komputer anda sudah terinstall paket Sun Java SDK. Versi terakhirnya yaitu DGuitar 0.5.8. Dapat didownload di http://sourceforge.net/projects/dguitar/files/.

Setelah didownload ekstrak file tersebut.  Untuk menjalankan aplikasinya masuk saja ke dalam folder DGuitar-0.5.8 lalu double klik file DGuitar.sh. lalu klik Run.

Akan tampil halaman utama DGuitar dan kita dapat langsung membuka beberapa file contoh di DGuitar-0.58/files. Untuk memainkan file musik tertentu klik pada Program -> Open. Setelah terbuka tinggal klik Play untuk menjalankan.

Untuk mendapatkan file tab sesuai lagu yang diinginkan bisa download di www.guitarprotabs.org atau www.gprotab.net.

Selamat mencoba:mrgreen:.

10 thoughts on “Belajar Tabulasi Gitar dengan DGuitar

  1. iya.. aku cuma bisa doank.. jago enggak.. tapi emang kayaknya bakat main gitar adekku doank.. biarlah aku bakatnya jadi bidan ajaa..:mrgreen:

  2. gw pernah pake yg Tux guitar, tp kalo buat aransemen lumayan susah (mungkin blom terbiasa) kalo d guitar blom pernah, kalo pake java brt cros platform ya, pengen nyoba juga neh, thx infonya bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s