Budaya Indonesia dan Kampus Biru

Ini sekedar cerita mengenai kehidupan kampus saya yang notabene merupakan kampus teknik, tetapi mempunyai banyak UKM kebudayaan yang luar biasa. Yak, Institut Teknologi Telkom. Kampus yang sering disebut dengan kampus biru ini, yang isinya merupakan mahasiswa teknik dan terletak di pinggiran kota Bandung, bisa bersaing dengan kampus seni sekalipun untuk masalah budaya ini. Beberapa UKM kebudayaan yang bisa merepresentasikan kebudayaan dari beberapa daerah di Indonesia, antara lain :

  • UIKA (Aceh)
  • UKKSU (Sumatera Utara)
  • USBM (Minang)
  • KEMASSS (Sumatera Bagian Selatan)
  • UKB (Betawi)
  • SWS (Sunda)
  • UKM JAWA (Jawa)
  • UKM BALI (Bali)
  • UKMS (Sulawesi)

Nah, biasanya masing-masing dari UKM itu akan membuat sebuah pagelaran besar tiap tahunnya yang biasa disebut Dies Natalies. Dan yang pastinya acaranya sangat meriah dan menakjubkan. Untuk UIKA biasanya akan menyajikan tari Saman dan kawan-kawannya, UKKSU menyajikan musik batak dan nyanyian khas batak, USBM akan menghadirkan musik minang dan tarian-tariannya, KEMASSS juga menghadirkan tarian khas Sumatera bagian selatan, Betawi dengan ondel-ondel, jaipong, dll, SWS dengan rampak gendang sundanya, Jawa dengan tarian jawa, karawitan, ludruk dan ketoprak, Bali dengan tarian, gamelan dan sendratari khas Bali serta UKMS dengan musik dan tarian khas Sulawesi. Selain itu UKM juga akan mengisi acara seperti OSPEK kampus dan acara lain misalnya mengikuti kompetisi kebudayaan dalam skala lokal maupun nasional, atau hanya sekedar mengisi acara seperti seminar dan kunjungan ke kampus.

uika it telkom
ukksu it telkom
usbm it telkom
gamelan sws it telkom
ukm djawa it telkom
gamelan ukm bali it telkom
tari kecak

Berkembangnya UKM kebudayaan di kampus IT TELKOM ini juga tidak lain karena banyaknya mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah dan masih mempunyai rasa cinta terhadap kebudayaan daerah, sehingga bisa mengembangkan dan melestarikan kebudayaan di lingkungan kampus.

Selain UKM kebudayaan yang unik tadi masih ada satu hal lagi di kampus biru yang berkaitan dengan budaya, yaitu adanya anjuran untuk mengenakan pakaian batik di hari jumat dan sabtu, sehingga dalam perkuliahan di hari itu boleh mengenakan pakaian batik baik mahasiswa maupun dosen. Anjuran ini dimulai sejak Januari 2009, yang merupakan ide Rektor IT Telkom, Ir. Husni Amani, MM., MSc untuk mengembalikan batik sebagai identitas budaya bangsa. Selain itu juga diharapkan agar generasi muda lebih mencintai batik asal negeri sendiri. Masyarakat Indonesia terutama generasi muda, harus lebih bangga dengan dijadikannya batik sebagai warisan dunia. Kebanggaan dapat diwujudkan dengan tetap menggunakan batik sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari.

pemakaian batik di it telkom
batik di it telkom

Oleh karena itu, saya berharap semoga seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya mahasiswa di IT Telkom, harus senantiasa berjuang untuk melestarikan kebudayaan daerah dan kebudayaan nasional Indonesia dan sadar akan betapa pentingnya warisan budaya Indonesia yang juga merupakan warisan budaya dunia🙂.

/*ditulis untuk mengikuti Machung Blog Competition 2010, Tema : `Indonesiaku Bukan Indonesia-Indonesiaan`*/

 

12 thoughts on “Budaya Indonesia dan Kampus Biru

  1. […] Ini sekedar cerita mengenai kehidupan kampus saya yang notabene merupakan kampus teknik, tetapi mempunyai banyak UKM kebudayaan yang luar biasa. Yak, Institut Teknologi Telkom. Kampus yang sering disebut dengan kampus biru ini, yang isinya merupakan mahasiswa teknik dan terletak di pinggiran kota Bandung, bisa bersaing dengan kampus seni sekalipun untuk masalah budaya ini. Beberapa UKM kebudayaan yang bisa merepresentasikan kebudayaan dari bebera … Read More […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s