Menilik Kampus Kita

Kampus kita, ya IT Telkom,

Kemarin, hari pertama saya masuk kerja sebagai programmer di SISFO IT Telkom, langsung dapat kunjungan dari bapak Warek, Heru Wijanto, dalam rapat yang membahas perancangan sisfo kampus yang baru.

Pak Heru, yang hari itu dari ITB langsung membahas bagaimana kampus sebelah sedang disibukkan dengan visitasi akreditasi Internasional, lupa namanya. Pokoknya lebih tinggi dari AUN (Asean University Network) yang merupakan akreditasi dari UI.

Nah, bagaimana dengan kampus kita?

Jujur saja, kondisinya masih memprihatinkan, kampus kita baru 3 prodi yang status akreditasinya tidak expired. Selain itu, juga masih dalam level akreditasi BAN-PT. Pak Heru mengatakan, yang meneruskan dari Pak Rektor, pokoknya sekarang jangan memperdulikan webometrics, dll dulu. Di kampus ini harus diadakan perubahan dari hal-hal yang paling mendasar, seperti administrasi akademik, perwalian, registrasi, nilai, dll. Kalau mengurusi hal-hal ini saja belum becus ngapain ngurusin masalah WCU, keilmuan, dll. Energi dari elemen kampus akan habis hanya mengurusi masalah yang harusnya sudah bisa terselesaikan. Ibaratnya, kampus lain (jangan lihat ke bawah) sudah naik kapal yang bagus dan terus upgrade kualitas kapal & performansinya, sedangkan kampus kita masih naik perahu yang berlubang², dimana masih ada air yang bisa masuk, dan jika kita tidak menambalnya dengan cepat maka suatu saat pasti akan tenggelam.

Nah, salah satu elemen di kampus yang paling banyak mendapat umpatan dan cacian adalah sisfo. Karena merupakan wujud aplikasi yang langsung berinteraksi dengan user. Oleh karena itu, pembangunan sisfo dari awal merupakan hal yang sangat penting, karena akan dan harus menghasilkan aplikasi yang akan digunakan dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Dalam 2 bulan ke depan, tim programmer dari sisfo (include /me), dan tim database akan merancang dan membangun sisfo kampus yang baru, baik yang sisfo akademik maupun non akademik.

Semoga dapat berjalan dengan lancar, amiiin. Fighting!!!

Mohon doanya🙂.

7 thoughts on “Menilik Kampus Kita

  1. waahh… smangat2 bro..

    punya ku ya baru akreditas B dari BAN-PT (alhamdulillah)
    kalu akreditasi Internasional belum lah bro.. kapan yaa ? hhehehehe…
    kamu uda nyambi kerja tho?

  2. Mas Ariff, membangunnya pakai apa, sisfo kampus? Atau dari nol? Ketika saya cari-cari script siskampus melalui mbah google, dari situsnya bisa donlot sisfokampus 4.1, tapi sekarang sudah mati alamatnya. Masih bisa dapat skrip 4.1nya?

    Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s