10 Rahasia Google

Google Inc. dikenal sebagai perusahaan raksasa teknologi asal California, Amerika Serikat.

Memiliki lebih dari 6.000 karyawan di seluruh dunia, Google bisa menjelma menjadi mesin pencarian (Google Search), penjelajah bumi (Google Earth), peta (Google Maps), dan mesin penerjemah (Google Translate).

Layanan lainnya yang disediakan Google adalah situs video YouTube, surat elektronik Gmail, sampai sistem operasi pada ponsel, yakni Android. Perusahaan yang kini dipimpin oleh Eric Schmidt ini didirikan Sergey Mikhailovich Brin dan Lawrence Edward “Larry” Page.

Selain berbagai informasi tadi, ternyata Google masih memiliki sepuluh rahasia yang disembunyikan dari dunia. Berikut ulasannya seperti dikutip Business Insider.
1. Keluarga
Saudara Larry Page, Carl ternyata adalah pendiri eGroups, sebuah perusahaan yang membuat situs di era 90-an. Perusahaan ini kemudian diakuisisi Yahoo! pada tahun 2000 dengan nilai hampir setengah miliar dollar.

2. BackRub
Ini adalah nama asli Google. Mereka menyebutnya BackRub karena algoritma memeringkatkan halaman berdasarkan berapa banyak “back link” pada halaman itu.

3. Paten
Hak paten yang diajukan Google kepada pemerintah Amerika Serikat mirip sekali dengan paten yang diajuukan Dow Jones. Ini bukan hal aneh karena di belakang dua pengajuan paten itu adalah seorang pria bernama Robin Li, dia pernah bekerja di sebuah perusahaan milik Dow Jones.

4. Stanford
Algoritma Google disebut PageRank dan pemegang paten untuk istilah itu adalah Universitas Stanford. Untuk mengambil alih paten itu, Google memberikannya saham yang kemudian dijual pada tahun 2005 sebesar US$ 336 juta.

5. Kepunahan
Algoritma PageRank ternyata bukan hanya dapat digunakan untuk mengetahui peringkat halaman untuk mesin pencari. Alogaritma itu juga bisa dipakai untuk menentukan spesies yang akan punah.

6. Politik
Larry Page dan Sergey Brin adalah dua orang terkaya di Amerika yang tidak pernah berkontribusi dalam urusan politik. Padahal lebih dari 20 milyarder yang ada di Amerika membuat gerakan politik.

7. Yahoo!
Larry Page dan Sergey Brin sebenarnya ingin menjadi akademisi. Mereka tidak bercita-cita membangun bisnis. Ketika mengembangkan Google Search Engine pada 1997, mereka bersedia menjual mesin pencari itu hanya dengan harga US$ 1 juta.

Mereka kemudian pergi seluruh Silicon Valley untuk menjual mesin pencari mereka. Mereka pergi ke Yahoo!,  tapi ditolak. Kondisi pun berganti. Pada 2002 giliran Yahoo! yang menawar Google dengan harga US$ 3 milyar dan gantian, Google menolak Yahoo!. Sekarang Google bernilai lebih dari US$ 150 miliar.

8. Keberuntungan
Anda pasti sudah tahu tombol “I’m Feeling Lucky” pada mesin pencari Google. Untuk mengembangan tombol “keberuntungan” itu, Google menghabiskan biaya sekitar US$ 110 juta per tahun. Dengan mengklik tombol ini, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian teratas yang paling mendekati. Artinya, Anda telah melewatkan semua iklan yang bisa menghasilkan uang bagi Google.

9. Karyawan Nomor 1
Siapa karyawan pertama di Google? Namanya adalah Craig Silverstein. Tapi sampai saat ini tak ada yang pernah tahu seperti apa wajahnya. Kabar yang beredar menyatakan pria itu kini menjabat sebagai Direktur Teknologi dengan gaji sekitar US$ 950 juta.

10. Keindahan.
Google Earth memiliki gambar-gambar yang indah tentang bumi. Terkadang gambar itu malah seperti karya seni yang menakjubkan.

Sumber: Tempo

5 thoughts on “10 Rahasia Google

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s