Mari Berpartisipasi Untuk Kemandirian Nasional Bangsa Ini

Indonesia, bukanlah bangsa yang kecil, bukanlah bangsa yang katrok ataupun bangsa yang miskin. Bangsa ini adalah bangsa yang kaya, bangsa yang telah dilimpahi nikmat yang luar biasa dari pencipta-Nya. Tengok sajalah sumber daya alamnya. Tapi sayang, rasanya bangsa ini seperti sedikit terbengkalai. Yang ingin tau sebabnya, tengok sajalah sumber daya manusianya.

Berbicara masalah kemandirian nasional suatu bangsa pastilah tidak bisa lepas dari kemandirian dari masing-masing individu bangsa. Karena secara tidak langsung kemandirian nasional terbentuk karena kompetensi dari individu bangsa. Dan apakah sekarang ini bangsa kita, Indonesia, sudah bisa dikatakan mempunyai kemandirian nasional? Menurut saya, belum! Tengok sajalah kondisi ekonomi bangsa ini. Mulai dari hutang negara hingga jumlah penduduk miskinnya dan lain sebagainya. Masih banyak beragam persoalan pelik yang bisa menjadi “PR” bagi seluruh rakyat bangsa ini.

Oke, cukuplah disitu saja kita membahas permasalahannya. Yang akan kita bicarakan di sini bagaimanakah solusi untuk berbagai permasalahan bangsa ini? Terutama dalam posisi kita sebagai anak bangsa, seseorang yang mungkin secara tidak langsung menjadi penanggung jawab masa depan.

Salah satu momok terbesar bagi anak bangsa saat ini yaitu label pengangguran yang disandang setelah masa studi, baik sekolah/kuliah. Hal ini biasanya terjadi/dialami oleh seseorang yang tidak segera mendapatkan pekerjaan. Baik dengan alasan tidak sreg dengan pekerjaan atau dia memang belum beruntung untuk diterima kerja. Nah, bagaimana solusinya?

Ubahlah orientasi anda. Janganlah terlalu gengsi terhadap suatu pekerjaan, sesungguhnya dengan melakukan pekerjaan secara sungguh-sungguh itu juga sudah termasuk ibadah. Ini berlaku bagi anda yang mungkin bersifat memilih-milih pekerjaan. Bagaimana jika nasib berkata lain? Misal, terlalu lama waktu tunggu atau dengan kata lain “ga dapet kerjaan”. Mungkin anda akan mendapat kesempatan di bidang lain. Seperti berbisnis. Hidup ini bukanlah suatu hal yang monoton di mana setelah kuliah anda akan sibuk untuk mencari kerjaan. Mondar-mandir ke sana-ke sini mengirimkan lamaran. Klasik sekali.

Dan berbisnis itu bukanlah hal yang mustahil, apalagi hal yang buruk. Justru ini akan secara tidak langsung membuka lapangan kerja bagi Anda sendiri dan atau orang lain. Bagaimana jika berbisnis di Indonesia? Kesempatan Anda sangat terbuka lebar. Jika tidak percaya, tengoklah fakta bahwa Indonesia merupakan salah satu negara favorit untuk berbisnis, orang luar pun sudah menyadarinya.

Telah disebutkan di http://www.bbc.co.uk/news/business-13547505 tentang “Entrepreneurs face global challenges”, dan apa yang ada di sana? Disebutkan bahwa Indonesia is the best place for entrepreneurs to start a business, a BBC survey has suggested. Dengan adanya fakta ini, apa yang harus Anda tunggu lagi? Cobalah mulai berbisnis.

Bagaimanakah cara mulai berbisnis? Yang Anda perlukan pertama kali adalah mencari ide untuk bisnis yang akan di jalankan. Mungkin bisa berawal dari bidang studi yang Anda pelajari selama masa studi atau sesuai dengan hobi Anda. Jadi untuk menjalankan bisnis nantinya Anda akan selalu termotivasi dan bersemangat, serta tidak ada beban untuk menjalankannya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan modal? Biasanya kan bisnis butuh modal? Janganlah khawatir! Karena modal dapat dicari, selama anda punya stok ide yang fantastis. Gunakanlah otak Anda untuk memikirkan suatu ide, lalu ikutlah berbagai kompetisi. Nah, di sanalah nantinya Anda bisa mendapatkan modal. Banyak kompetisi business plan yang diadakan untuk mendukung berdirinya usaha-usaha baru, yang sekarang mungkin sedang tren disebut dengan startup, atau kompetisi lain yang berhadiahkan uang semata. Janganlah mudah menyerah, jaga passion dan semangat, insya Allah anda bisa mendapatkannya.

Sebagai contoh saja, anda bisa mengikuti berbagai kompetisi yang ada di CompFest2011 ini. Baik dari Programming, Blogging, Gamedesign maupun Robotic Competition.

Bagaimana cara mengikuti kompetisi? Carilah info terlebih dahulu, pelajari medan kompetisi, lalu pikirkan langkah selanjutnya. Jika Anda tidak sanggup sendiri, bentuklah tim. Tentunya tim yang solid, yang mempunyai semangat dan passion yang seirama dengan Anda, serta bekerja tanpa pamrih. Percayalah, suatu saat nanti Anda bisa memenangi kompetisi untuk minimal menjadi modal bisnis Anda.

Atau mungkin dengan cara lain, buatlah suatu produk, bukan sembarang produk, lalu tawarkan kepada investor yang kasarnya bisa memijamkan uangnya untuk anda. Bagaimana mencari investor atau memasarkan produk anda? Janganlah sungkan untuk bergabung dengan komunitas. The Power of Community is awesome!

Apakah mungkin memulai bisnis dengan modal kecil? Jawabannya : sangat mungkin sekali. Cobalah memulai bisnis di dunia internet atau web development. Anda hanya akan butuh koneksi internet, modal hosting serta skill web programming tentunya.

Jika anda sudah bisa memulai bisnis anda sendiri semenjak kuliah, nantinya anda tidak akan bingung atau mengalami masa tunggu untuk mendapatkan pekerjaan, bahkan mungkin setelah lulus nanti anda sudah mempunyai perusahaan sendiri dengan beberapa pegawai. Contoh yang ada di kampus saya saja, sudah ada beberapa mahasiswa yang memulai bisnisnya sendiri termsuk saya baik berupa warung makanan, kedai susu, laundry, software house kecil-kecilan, counter pulsa, percetakan, foto copy, dan sebagainya.

Inovasi-inovasi karya anak bangsa seperti itulah yang bisa membentuk kemandirian individu. Dan mungkin suatu saat nanti dengan memulai membentuk kemandirian dari diri kita sendiri dan orang-orang di sekitar kita, bukanlah suatu khayalan jika kemandirian nasinal bisa terbentuk di negara kita tercinta ini, Indonesia.

Semangat Menuju Kemandirian Nasional!!! Pastikan Keberadaan Partisipasi Anda!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s