Firefox Add-ons yang Harus dimiliki Freelancer

Firefox Add-ons untuk freelancer indonesia - photo by Sparrow*

Firefox adalah media browser yang paling diminati saat ini setelah Internet Explorer buatan Microsoft. Firefox-pun yang paling banyak mengeluarkan add-ons untuk kebutuhan para penggunanya, tidak dapat dipungkiri Internet Explorer hanya butuh waktu untuk terkubur kalau mereka tidak memperbaiki fitur-fiturnya. Add-ons yang dipublish sangatlah beragam, sampai berjumlah ratusan atau mungkin sudah sampai ribuan. Sebagai freelancer kita harus bisa memanfaatkan add-ons yang bisa sangat membantu kita.

Fitur-fitur yang wajib dimiliki antara lain :

Scrapbook

Firefox add-ons ini dapat menyimpan semua halaman situs yang kita inginkan hingga 3 link ke dalam. Semua media bisa disimpan disini seperti foto, dokumen, musik,  video hingga arsip (seperti zip, rar, xpi dan lainnya).Add-ons ini sangat berguna bagi semua orang karena kita jadi bisa mengakses situs secara menyeluruh berikut semua link yang ada pada saat kita tidak ada akses internet. Selain itu situs yang sudah tersimpan di Scrapbook dapat disunting, ditandai (dengan tanda yang mirip dengan stabilo) apabila ada yang penting. Anda wajib mencobanya :)

Gridfox

GridFox adalah Firefox extension terbaik untuk pengembang websiteAdd-onsini mampu memberikan tata tampilan berbasis grid yang dapat disesuaikan di setiap situs yang kita inginkan. Hal ini akan membantu Anda merapikan layout web Anda.

Sebagai alat bantu lainnya 960.gs memberikan css framework untuk memudahkan kita membuat situs dengan konsep grid sistem.

Colorzilla

ColorZilla sangat berguna bagi pengembang website dan desainer grafis untuk mengetahui  warna yang terdapat pada suatu situs. Dengan begitu Anda tidak perlu menebak warna apa yang dipakai di situs favorit Anda.

IE Tab

IE (Internet Explorer) dapat dibilang racun dunia dalam dunia browser :) . Dengan adanya IE tab, para desainer dapat mengetahui kesalahan mereka pada IE dan dapat segera membenarkannya tanpa harus meninggalkan Firefox.

Fire FTP

Fire FTP gratis, aman, dan merupakan aplikasi FTP yang terintegrasi pada Firefox. Program ini dapat berjalan dengan lancar walaupun Anda membuka program lainnya. Programer pasti sangat menyukainya :)

FoxClocks

FoxClocks akan memudahkan freelancer online untuk mengetahui waktu tepatnya klien yang berada di belahan dunia lain.

Firebug

Firebug adalah Firefox add-ons yang paling diminati para programer. kenapa? karena programer dapat mengetahui dengan jelas kesalahan javascript (atau script lainnya) yang terdapat di siitus tertentu. Selain itu Anda dapat menyunting, melakukan debug, me-monitor CSS, HTML, Javascript secara langsung (live) di situs yang Anda inginkan.

Delicious Bookmarks

Delicious bookmarks adalah Firefox add-ons yang terintegrasi dengan del.icio.us. Anda dapat mem-bookmarks browser dan memberikan tags pada situs yang Anda anggap menarik agar di kemudian hari Anda bisa dengan mudah menemukan situs itu lagi.

Scribefire

Para blogger maupun penulis wajib mencoba Scribefire, karena Anda dapat menulis secara langsung dengan add-ons Firefox ini tanpa perlu membuka situs tersebut.

Bagaimana dengan Anda?, Firefox add-ons apa saja yang kalian gunakan dalam ber-freelance ria sehingga membantu kalian dalam berkerja.

Sumber: http://de.tk/qp3bb

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s