Bandung Tourism Competition 2011

Deadline Pengumpulan: 17 September 2011 pukul 23.59

Bandung Tourism Competition merupakan sebuah event kompetisi perancangan Marketing Plan terhadap potensi-potensi pariwisata yang dimiliki oleh Bandung, Jawa Barat.

Kompetisi ini diselenggarakan penuh oleh Divisi Student Society HIMA Manajemen UNPAD yang bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bandung, Jawa Barat.

Kompetisi ini akan mulai diselenggarakan pada 18 Juli 2011, sebagai hari pendaftaran pertama hingga finalisasi pemenang tanggal 24 September 2011.Syarat-syarat mengikuti Bandung Tourism Competition 2011 :

  1. Membentuk tim yang terdiri dari 3 orang Mahasiswa Aktif S1/D3. Mahasiswa tersebut diperbolehkan lintas fakultas.
  2. Tim ini akan mewakili Universitas yang bersangkutan.
  3. Peduli akan potensi pariwisata kota Bandung.
  4. TIDAK terbatas untuk mahasiswa dari Universitas di Bandung saja, boleh dari Universitas di luar Bandung yang mahasiswa nya peduli akan potensi pariwisata kota Bandung.

Syarat dan Ketentuan Bandung Tourism Competition 2011

  1. Mahasiswa S1 dan D3 yang masih aktif.
  2. Tim terdiri dari 3 orang mahasiswa aktif dari Universitas yang sama
  3. Peserta diperkenankan untuk berasal dari fakultas yang berbeda
  4. Proposal yang dikirimkan ke Bandung Tourism Competitionmerupakan karya orisinil peserta dan bukan karya plagiarisme.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah sebagai berikut :

  1. Juara 1 : Rp 5.000.000,00 + trophy + certificate
  2. Juara 2 : Rp 3.500.000,00 + certificate
  3. Juara 3 : Rp 2.000.000,00 + certificate

Seluruh peserta yang lolos akan menerima sertifikat dan konsumsi pada saat hari pelaksanaan. Transportasi finalis akan ditanggung panitia (penginapan – kampus UNPAD – penginapan).

Alur Kompetisi:

Pendaftaran

Peserta kompetisi wajib men-download formulir pendaftaran dihttp://www.mediafire.com/download.php?e7503y8ybbni94i serta peraturan dan ketentuan BTC di http://www.mediafire.com/download.php?nor5l6mvcxsdzu7 dan mengirimkan kembali via e-mail kebandungtourismcompetition@gmail.com. Dengan menyertakan:

1. Nama Tim

2. Nama seluruh anggota Tim

3. Alamat Email contact person Tim

4. No. handphone seluruh anggota Tim

5. Scan KTM setiap anggota

6. Scan KTP setiap anggota

7. Pas foto berwarna

8. Scan bukti pembayaran

Formulir dikumpulkan paling lambat tanggal 22 Agustus 2011 pukul 23.59. Calon peserta telah terdaftar menjadi peserta Bandung Tourism Competition apabila telah menerima e-mail konfirmasi dari panitia. Apabila peserta belum mendapatkan konfirmasi via e-maildari panitia, perwakilan tim diwajibkan untuk segera menghubungi panitia untuk konfirmasi lebih lanjut selama 1×24 jam.

Pembayaran

Peserta melakukan pembayaran sebesar Rp 200.000,00 dengan cara transfer melalui rekening:

·         Rekening BCA             : 2308803886 atas nama Vanya Kanyaka Ananggadipa

·         Rekening BNI              : 0173518446 atas nama Ezy Alvira

·         Rekening Mandiri       : 1570000911967 atas nama Rizkyka Waluyo Putri

Workshop Peserta

Peserta akan diberi pengetahuan tentang Pariwisata Kota Bandung dan Tourism Marketing yang akan dilaksanakan di kampus FE Unpad pada tanggal 10 September 2011 dengan membawa print konfirmasi peserta terdaftar yang dikirimkan oleh panitia. Workshop inidianjurkan untuk seluruh peserta, dan peserta dapat bertanya dan menggali informasi lebih dalam kepada pemateri yang dapat membantu peserta dalam penyusunan proposal. Peserta yang tidak menghadiri workshop akan mendapatkan slide show materi yang akan dikirimkan oleh panitia.

Penyusunan Marketing Plan

Proposal berisi rencana pengembangan dan perbaikan Kebun Binatang Bandung dari aspek manajemen pemasaran dan bisnis pariwisata. Peserta bebas mencari sumber dari internet atau media cetak, dan diperbolehkan membawa bahan pada saat presentasi dengan syarat semua referensi dicantumkan pada presentasi. Peserta juga diperbolehkan untuk mengunjungi Kebun Binatang Bandung tanpa akomodasi dari panitia untuk mengobservasi lokasi dan mencari informasi tambahan.

Detail proposal marketing plan:

1.      Layout proposal

Bab I   : Pendahuluan (Latar Belakang, Perumusan Masalah, Tujuan Penulisan,          Metode Penulisan)

Bab II   : Kajian

Bab III  : Penutupan (Solusi dan Saran)

2.      Jumlah halaman minimal 10 halaman.

3.      Format penulisan:

–          Ukuran kertas A4

–          Font isi Arial, 12

–          Font judul Arial, 16

–          Margin atas 3,75 cm, kiri-kanan 2,5 cm, bawah 2,5 cm

–          Spacing 1,5 lines

–          Boleh dihias sesuai dengan kreatifitas tanpa terlepas dari format ketentuan

Kriteria Penulisan Marketing Plan

Marketing Plan menurut Bapak Aman Raksanagara (Dinas Pariwisata Bandung) akan dinilai pada hal-hal pokok seperti :

1.      Pokok permasalahan dan relevansinya dengan judul dan kesimpulan

2.      Teknis penulisan : Sistematika, Deskripsi, dan Narasi

3.      Menjelaskan (Eksposisi)

4.      Landasan teoritis

5.      Latar belakang

6.      Hal-hal empiric (data-data)

7.      Analisis / pembahasan

8.      Gagasan-gagasan / inovasi / penambahan / perbaikan

9.      Kesimpulan

Pengumpulan Marketing Plan

Peserta mengirimkan Marketing Plan dalam bentuk soft copy file marketing plan dalam format .pdf dengan format nama file (namatim_nama universitas.doc) sebelum 17 September 2011 pukul 23.59 ke bandungtourismcompetition@gmail.com.

Peserta akan mendapat konfirmasi dari panitia setelah proposal diterima. Konfirmasi akan dilakukan melalui e-mail. Apabila peserta belum mendapatkan konfirmasi via e-mail dari panitia mengenai penerimaan proposal, perwakilan tim diwajibkan untuk segera menghubungi panitia untuk konfirmasi lebih lanjut selama 1×24 jam atau tim tersebut akan langsung dinyatakan gugur (diskualifikasi).

Tidak ada toleransi untuk keterlambatan pengiriman proposal ke e-mail panitia dan peserta yang terlambat mengirim dari waktu yang ditentukan akan didiskualifikasi.

Presentasi Marketing Plan

10 Peserta terpilih akan diumumkan pada tanggal 19 September 2011 via email dan website HIMA Manajemen Unpad. Para finalis akan mempresentasikan seluruh pemikiran kritis, ide-ide, dan solusi untuk disusun menjadi suatu rencana pengembangan untuk membangun dan mengembangkan lokasi wisata Kebun Binatang Bandung pada tanggal 24 September 2011 di Bale Rumawat Universitas Padjajaran.

Ketentuan:

  • Waktu presentasi adalah 10 menit dengan waktu tanya jawab 15 menit
  • Peserta bebas mencari sumber dari internet atau media cetak dan diperbolehkan membawa bahan pada saat presentasi dengat syarat semua referensi harus dicantumkan pada materi presentasi
  • Pada sesi tanya jawab tidak hanya juri yang mengajukan pertanyaan kepada peserta, tim lainnya dan penonton diperbolehkan mengajukan pertanyaan.

Informasi Tambahan

Seluruh peserta yang lolos akan menerima sertifikat dan konsumsi pada saat hari pelaksanaan. Transportasi finalis akan ditanggung panitia (penginapan – kampus UNPAD – penginapan).

Formulir Pendaftaran dapat di unduh/download di :http://www.mediafire.com/download.php?e7503y8ybbni94i

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s