Lima Area “Basah” 2012 untuk Startup Lokal

Artikel ini saya ambil dari Tekno Kompas bulan Desember 2011, tentang lima hal yang sedang berkembang dalam industri startup saat ini, dan mungkin bisa jadi peluang pengusaha digital untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang kompetitif di tahun 2012.

KOMPAS.com – Tahun 2010, perusahaan Internet (startup) lokal di Indonesia mulai tumbuh. Satu persatu perusahaan startup hadir dan menghidupkan kembali dunia bisni digital di Indonesia.

Tahun 2011 adalah tahun yang menunjukkan persaingan terhadap semua startup yang sudah didirikan, apakah berkembang, bertahan, atau bahkan mati. Apa yang akan terjadi dalam dunia startup lokal di tahun 2012?

“Tahun 2012 akan lebih banyak startup yang muncul, tetapi saya yakin akan lebih banyak juga yang mati,” ujar Rama Mamuaya, pendiri DailySocial.net dalam acara #StartupLokal MeetUp v.20 di @america, Pacific Place, Jakarta, Kamis (8/12/2011). Menurutnya, kematian startup lokal terjadi karena persaingan yang ketat di tahun 2012.

Setidaknya ada lima hal yang sedang berkembang dalam industri startup saat ini. Ini adalah peluang bagi pengusaha digital untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang kompetitif di tahun 2012.

1. Local Mobile Content
Dengan pertumbuhan jumlah pengguna Internet mobile, startup yang mampu mengembangkan mobile konten yang menarik akan dilirik oleh pasar lokal.

2. Location Based, NFC, AR Technology
Aplikasi atau jejaring sosial berbasis lokasi (location based) akan menjadi tren di tahun 2012. Selain itu, teknologi NFC (Near Field Communication), serta Augmented Reality (AR) Technology akan menjadi tren. Dua teknologi ini bukan teknologi baru, namun masih belum banyak dimanfaatkan untuk pengembangan startup. Tahun 2012 akan jadi peluang yang menjanjikan jika dua teknologi ini bisa dikembangkan.

3. Game dan Music
Berinvestasi dalam industri game dan musik akan menjadi tren karena dua hiburan ini sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Rama memprediksi industri game Indonesia akan sangat berkembang di tahun 2012 jika dikelola dengan bisnis model yang tepat.

4. User Generated Content 
Karakter orang Indonesia yang menyukai komunikasi dan berjejaring akan membuat startup yang bergerak dalam user generated content bisa berkembang.

5. Travel
Industri travel akan berkembang di tahun 2012 karena kenyataan bahwa masyarakat menengah di Indonesia mulai bertambah dan mulai senang melakukan perjalanan ke luar kota. Ini menjadi ladang yang seharusnya bisa dieksplorasi.

Secara umum, industri telekomunikasi akan menjadi penggerak tumbuhnya startup lokal. Selain itu, inkubator juga akan semakin banyak karena investor yang datang dari negara lain ingin agar startup yang mereka rangkul memiliki kompetisi yang memadai.

Investor akan banyak datang dari Jepang, Cina, dan Amerika Serikat, untuk melihat potensi Indonesia dengan pangsa pasar yang luas. Startup lokal akan punya tempat belajar yang beragam, sarana pembelajaran yang memadai, dan kompetisi yang semakin ketat.

Sumber : http://kom.ps/nV89

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s