#Wikipedia Ditutup?

Kalau membuka wikipedia hari ini, anda akan menemukan pesan “Please note: In less than 24 hours, the English Wikipedia will be blacked out globally to protest SOPA and PIPA“. Inilah protes  yang pertama kali dilakukan oleh Wikipedia untuk melawan kebijakan publik dan hal ini diakui tidak ringan.

Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, pada pernyaatan resmi melalui  Press releases/English Wikipedia to go dark , mengatakan “Hari ini Wikipediawan dari seluruh dunia telah berbicara tentang oposisi mereka terhadap undang-undang yang merusak ini“. Lebih lanjut  Jimmy Wales mengatakan, “Ini adalah tindakan luar biasa yang diambil bagi masyarakat kita – Dan sementara kita menyesal karena mencegah dunia untuk mengakses Wikipedia bahkan untuk satu detik, kita tidak bisa mengabaikan fakta bahwa Sopa dan PIPA membahayakan kebebasan berbicara baik di Amerika Serikat dan luar negeri, dan menetapkan preseden menakutkan dari sensor internet bagi dunia. “

Keputusan yang diambil Wikipedia ini dilakukan setelah mendapat respon dari voting yang dilakukan komunitas Wikipedia, yang terdiri dari sejumlah penulis dan redaktur yang menjalankan layanan gratisan ini.  Pada senin sore kemarin, Administrator Wikipedia menegaskan keputusan ini dalam sebuah pernyataan publik “Wikipedia:SOPA initiative/Action

Dalam pernyataan publik tersebut disebutkan bahwa selama 72 jam terakhir, lebih dari 1800 Wikipediawan telah bergabung bersama untuk mendiskusikan mengenai tindakan yang diusulkan oleh masyarakat untuk mengambil sikap dan melawan Online Piracy Act (SOPA) dan  the Protest Intellectual Property Act (PIPA).  Ini adalah tingkat partisipasi terbesar dalam diskusi komunitas yang pernah dilihat di Wikipedia, yang menggambarkan tingkat kekhawatiran bahwa Wikipediawan merasa terancam oleh undang-undang ini. Mayoritas peserta mendukung aksi tersebut dan mendukung keputusan agar Wikipedia melakukan “black out” Wikipedia bahasa Inggris.

Untuk membaca secara lengkap penjelasan mengenai tindakan ini, anda dapat melihat halaman penjelasan Wikipedia yang disampaikan secara tertulis oleh Executive Director, Wikimedia Foundation,Sue Gardner, dengan judul English Wikipedia anti-SOPA blackout.

Dalam penjelasan awal disebutkan bahwa saat ini komunitas Wikipedia mengumumkan keputusan untuk “black out” Wikipedia bahasa Inggris selama 24 jam, di seluruh dunia, yang dimulai pada pukul 05:00 UTC Rabu, 18 Januari 2012.  Penjelasan ini didasarkan pada pernyataan resmi Wikimedia Foundation,Press releases/English Wikipedia to go dark .

Pada saat penutupannya nanti, pengunjung Wikipedia hanya akan melihat melihat informasi mengenai kontroversi Stop Online Piracy Act (SOPA) dan the Protest Intellectual Property Act (PIPA).

Pada akhir pernyataan resmi, Wikipedia mendesak pembaca untuk memberikan suara dan pendapat.  Bagi yang tinggal di Amerika Serikat, dapat menemukan perwakilannya  di Washington (https://www.eff.org/sopacall).  Sedangkan yang tinggal di luar Amerika Serikat, Wikipedia mendesak untuk menghubungi Departemen Luar Negeri, Kementerian Luar Negeri atau cabang yang sama dari pemerintah, untuk memberitahu bahwa anda menentang Sopa dan PIPA, dan ingin internet untuk tetap terbuka dan bebas.

Sumber : http://pendek.in/0a64

One thought on “#Wikipedia Ditutup?

  1. Yap, ini udah saya dengar beberapa hari yang lalu, perihal penentangan SOPA dan Protect IP.
    Bahkan hari ini ada beberapa narablog yang menutup sementara blog-nya dalam rangka protes. Saya salut.😳

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s