Tentang Sabar

Khotbah jumat kemarin menurut saya temanya menarik, hingga tiada rasa terlelap di benak saya. Yaitu tentang sabar.

Entah mengapa jika bahasannya menarik langsung reflek saya tulis di memo hp. Di artikel ini akan sedikit saya jabarkan apa yang ada di memo saya🙂.

Sabar bisa diartikan mengambil keputusan tanpa dipengaruhi oleh emosi ataupun hal-hal lainnya. Mungkin kata-kata sabar ini sering kita dengar, memang benar, kata-kata ini sangat mudah jika diucapkan, apalagi jika dirangkai dengan kata-kata yang indah. Tapi inti dari kesabaran itu, apakah kalian tau? Momen terpentingnya yaitu ketika kita mengalami suatu kejadian pertama kali, nah barulah kita sabar. 

Sabar sendiri ada beberapa macam, diantaranya.

  • Sabar dalam ketaatan. Jangan salah, dalam mengerjakan ibadah pun kita memerlukan kesabaran. Misalnya, kita harus sabar untuk melaksanakan sholat tepat waktu dan pergi ke masjid, kita berpuasa, dsb. Tapi jika kita sabar dalam ketaatan kita dianjurkan agar tidak usah banyak berpikir. Buat ibadah ko’ kebanyakan mikir. Tak tahukah kamu jika Allah telah menyiapkan kabar gembira bagi orang² yang sabar dan hanya Dia yang mengetahui apa sebenarnya kabar itu.
  • Sabar dalam dalam menghindari maksiat. Nah, untuk yang ini kita dianjurkan untuk banyak berpikir, karena kita sedang berperang dengan setan.

Sabar sendiri merupakan suatu hal yang istimewa, karena pahala untuk ibadah lain hanya bisa dilipatgandakan menjadi 700 kali lipat, sedangkan untuk sabar bisa lebih dari itu dan hanya Allah yang tau.

Mungkin itu sedikit ringkasan dari saya, semoga bermanfaat dan semoga kita bisa menerapkan sabar dalam kehidupan sehari-hari kita.

3 thoughts on “Tentang Sabar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s