Kuliah Kewirausahaan Episode 1

Karena dalam dunia kuliah saya semester ini ada mata kuliah Inovasi dan Kewirausahaan, selain itu juga wirausaha merupakan alternatif, eh cita-cita utama saya (termasuk cita-cita latah yang ngikutin tren :mrgreen:), maka akan saya share beberapa hal yang saya dapet dari perkuliahan ini😉.

Dosen mata kuliah ini adalah Dr. Ir. Posma Sariguna JK Hutasoit, SE., MSE., MSI. Hmm… ini pertama kali saya lihat nama lengkap bapaknya, sebelumnya cuma tahu Pak Posma dan kode dosennya POS:mrgreen:. Beliau adalah lulusan ITB, Unpad dan UI. Bidang yang ditekuni adalah ekonomi dalam bidang pertahanan.

Sebenarnya sudah dua kali pertemuan, pertemuan pertama hanya kenalan sambil menyebutkan asal daerah masing-masing mahasiswa, dan dibuat bercanda sama bapaknya😆.

Berikut beberapa poin yang sempat saya tangkap dalam pertemuan kedua kemarin.

  • IT Telkom adalah salah satu atau mungkin satu-satunya kampus yang ngajarin apa yang namanya nasionalisme, nasionalisme yang merupakan rasa cinta dan rasa memiliki pada bangsa ini. Di satu sisi bapaknya salut, tapi di sisi lain juga kurang setuju karena universitas bukanlah tempat yang pas untuk belajar seperti itu, universitas adalah tempat untuk menuntut ilmu pengetahuan. Jadi, sepertinya ga perlu diajarkan secara formal masalah nasionalisme ini. Tapi, bapaknya juga kurang senang melihat lulusan yang kurang nasionalismenya, misalnya seperti membangga-banggakan diri saat bisa bekerja untuk perusahaan dari luar negeri. Itu bukanlah suatu hal yang prestise, karena tidak akan mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi bangsa ini. Solusinya apa? Wirausaha! Ya, kata bapaknya, jadilah pengusaha yang bisa mengangkat martabat bangsa ini dan memberi lapangan pekerjaan bagi bangsa ini. Kalian yang sudah berkesempatan mengenyam dunia pendidikan tinggilah yang harus melakukannya!
  • Karena bapaknya adalah doktor di bidang ekonomi pertahanan, maka bapaknya menilai bahwa keputusan untuk membeli tank leopard adalah salah, karena tidak bisa dipakai di Kalimantan, atau tempat lain, repot untuk memindahkannya, dst.
  • Yang harusnya dilakukan adalah mengembangkan Dirgantara Indonesia, sehingga kita masih bisa produksi pesawat sendiri, malah yang ada sekarang adalah bangga jika bisa order pesawat dari eropa, ironis ya, bukannya harusnya lebih membanggakan jika punya pesawat bikinan sendiri, walaupun kualitasnya mungkin lebih rendah.
  • Atau jika terpaksanya memang harus order dari sana, harusnya beli kapal selam, ingat bahwa negara kita adalah negara kepulauan, mungkin kapal selam ini bisa lebih efektif dari pada membeli tank leopard tadi.

Mungkin itu dulu yang bisa dibagi dari kuliah minggu kemarin, hehe. Bagaimana pendapat Anda?

6 thoughts on “Kuliah Kewirausahaan Episode 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s