Tentang Business Fair di Kampus

Di setiap akhir semester menjelang UAS, di kampus saya diselenggarakan yang namanya “Business Fair”. Tim pelaksananya adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah Inovasi dan Kewirausahaan di semester itu. Format acaranya seperti kantin dadakan, karena kebanyakan dari kelompok bisnisnya akan menjual makanan selama tiga hari di Gedung Serba Guna.

Karena sudah seperti tradisi dari tahun ke tahun jualan makanan ya jadinya seperti mata kuliah yang asik, ya sebatas jualan makanan ke temen dan ngiklan-ngiklan di social media. Dan habis dari acara business fair itu akan hilang begitu saja.

Format praktek bisnis secara langsung seperti ini kurang menarik, karena apa? Karena mayoritas mahasiswa di kampus saya sekarang atau nantinya adalah pelaku dunia digital/teknologi informasi. Jadi menurut saya jualan makanan bukanlah latihan “bisnis” yang pas bagi mahasiswanya.

Nah, bagaimana dengan mahasiswa seperti saya yang tidak lihai jualan makanan? Apakah harus dipaksa jualan makanan? Mungkin untuk skala 3 hari bisa, tapi untuk nantinya setelah lulus bagaimana?

Seharusnya diperhatikan juga arahan bisnis dalam dunia IT, misalnya bisa diarahkan untuk masing-masing tim bisnis membuat startup. Setelah itu diadakan semacam workshop tentang tim management, financial, marketing, inovation, product development, public relation atau hingga monetize startup yang dibuat. Selain itu, juga bisa diadakan kunjungan ke berbagai perusahaan-perusahaan yang bergerak di dunia IT kreatif di Indonesia. Pasti bakal sangat inspiratif sekali dan dapat membuka wawasan kepada mahasiswa bagaimana cara bekerja di dunia luar sana. Dan di akhir semester bisa diadakan sejenis inkubasi fair, untuk mengenalkan produk startup kepada para investor lokal maupun asing.

Jadi setelah lulus, hal yang dilakukan tidak sebatas membuat CV dan surat lamaran, kemudian mengirimkannya ke perusahaan besar. Bisa jadi sebelum lulus sudah punya perusahaan sendiri. Bukankah menarik jika bisa menjadi seorang wirausahawan?

Bagaimana menurut Anda? Adakah kegiatan seperti ini juga di kampus lain?🙂

One thought on “Tentang Business Fair di Kampus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s